Beberapa Resiko Cinta Beda Agama

blogger templates
Resiko Cinta beda agama
Source: Tumblr



Perbedaan dalam beragama memang tak asing lagi di negeri tercinta kita ini yaitu Indonesia. Keberagaman memang sangat indah. Meskipun berbeda tapi tetap satu tujuan yang sama. Lain hal dengan individu yang menjalin cinta beda agama. Terdengar biasa dan tak masalah bukan. Bahkan bisa mulus dalam menjalaninya.
 
Memang benar tidak masalah selama mereka punya komitmen. Namun tak semudah menjalani cinta sesama pemeluk agama. Tanpa di sadari, beberapa resiko cinta beda agama pasti ada. Karena tentang agama ini adalah hal yang sangat sensitif bagi penganut masing-masing. Maka kita ambil resikonya secara umum. Tidak berpatokan pada salah satu ajaran agama.
Berikut beberapa resikonya:

1.      Saat ketempat ibadah

Coba kamu bayangkan, saat bersama dan ingin ketempat ibadah dalam waktu yang sama. Pasti 2 arah berbeda yang kamu dan pasangan lakukan. Meskipun kamu punya rasa yang biasa, tapi tetap hati kecil berkata lain. Kalau seagama terlihat serasi dan terkesan kompak saat ke tempat ibadah bersama sama dengan tujuan yang samaatau dengan cara salah satu mengantarkan dulu ke tempat ibadah. Tetap saja terasa berbeda, toh kalian gak satu tempat yang dituju.

2.  Saat acara hari besar keagamaan

Kumpul dengan orang yang di cintai saat hari besar keagamaan memang menjadi favorit bagi remaja yang sedang menjalin cinta. Memang bagi yang berbeda agama bisa saja ngumpul. Tapi apakah bisa dengan hati plong, pasti ada ganjalan perasaan yang beda. Dan mungkin akan jadi seperti hal ganjil ketika masuk di kerumunan agama lain.

3.     Pengucapan doa saat bersama

Pengucapan doa bersama disaat makan misalnya biasa pengucapan doa spesifik di dalam keluarga . Sekarang akan menjadi doa secara umum dalam mengucap setiap doa.

4.     Harus punya sikap toleransi yang tinggi

Ya ini adalah resiko dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Sikap toleran memang dibutuhkan, selama masa membangun hubungan.  Salah bicara sedikit akan jadi masalah. Misalnya kamu mengucapakan "kok aneh ya aturan yang ada di agamamu". Mungkin ini ringan buat kamu.tapi belum tentu buat dia. Bisa jadi masalah kalau salah satu dari kalian tidak punya toleransi yang tinggi. Itulah kenyataan yang harus kamu hadapi, siap tidak siap itulah keputusan yang kamu ambil beserta resikonya.

5.     Keluarga kamu dan dia

Keluarga kamu akan mengkritik pedas, ketika kamu ambil keputusan untuk menjalin hubungan cinta beda agama. Menyembunyikan dari keluargamu bukan suatu keputusan yang baik. Akan lebih baik bicarakan dengan sikap yang baik di depan keluarga. Kamu harus siap menghadapi sikap keluarga yang baru tahu soal hubungan mu.

6.      keturunan kamu akan bingung

Wah kalau ini mah pikiran kedepan, resiko yang ada di jauh sana. Ketika cinta beda agama lanjut ke sebuah ikatan resmi. Pasti terbentuk keluarga kecil, dan disitu ada hasil buah hati kalian.  Yang menjadi masalah adalah pilihan anak ini mau ikut siapa.  Pasti ada iri diantara kalian nantinya.  Kalau si anak mengikuti salah satu keyakinan orang tuanya.

Untuk yang menginjak ke jenjang pernikahan, resiko cinta beda agama akan sangat terasa karena kalian berasal dari filosofi yang berbeda dan harus siap dengan segala tentang adat-istiadat dan keluarga. Itulah gambaran resiko kalau kalian dari cinta yang beda agama. Dengan gambaran itu kamu bisa menentukan lanjut atau tidaknya.

0 Response to "Beberapa Resiko Cinta Beda Agama"

Post a Comment